Berita CESS Unpad

Conference on Sustainability Science 2018 : From Theory to Practice.

Interkoneksi adalah salah satu kata kunci untuk memahami keberlanjutan. Khususnya dalam konteks mencapai hubungan manusia dan alam yang berkelanjutan. Interkoneksi bukan hanya tentang keterkaitan sistem yang berbeda (sistem alami dan sosial), tetapi lebih dari itu juga tentang saling ketergantungan. Inilah yang dimaksud dengan ekologi. Tanpa mengakui arti interkoneksi, diskusi tentang keberlanjutan akan berakhir tanpa hasil. Faktanya, keberlanjutan ekologis adalah dasar dari banyak pemikiran dan sains keberlanjutan.

Rektor Luncurkan Pusat Unggulan Lingkungan dan Ilmu Keberlanjutan.

Prof. Tri Hanggono Achmad meluncurkan Pusat Unggulan Inter and Transdiciplinary
Research on Environment and Sustainable Science di Ruang Serba Guna Lantai 4 Unpad, Jln. Dipati Ukur No.35 Bandung, Rabu (24/01). Agenda utama yang menjadi fokus salah satu pusat unggulan tersebut adalah mengatasi permasalahan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Berbagai penelitian Unpad mengenai kondisi Citarum akan diintegrasikan untuk selanjutnya bersama-sama memberikan kontribusi untuk Citarum.

Cess Unpad Berikan Penghargaan “Otto Soemarwoto Award” kepada Akademisi.

Pusat Unggulan Lingkungan dan Ilmu Keberlanjutan Unpad melakukan terobosan baru dalam rangka Dies Natalis ke-60 dengan memberikan penghargaan kepada akademisi dunia yang berdedikasi bagi lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan pada 7 Oktober 2017 lalu. Penghargaan ini didasarkan dari pemikiran tiga tokoh pendahulu Unpad, yaitu Prof. Otto Soemarwoto, Prof. Mochtar Koesoemaatmadja, dan Prof. Didi Atmadilaga yang terwujud dalam Pola Ilmiah Pokok Unpad.

Kaji Produk Halal, Kemenag RI Jalin Kerja Sama dengan Unpad.

UNPAD dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI melakukan kerja sama mengenai jaminan produk halal dan pengembangan kelembagaan. Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad, Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt. dan Kepala Pusat Kerja Sama dan Standarisasi Halal Kemenag RI Dr. Nifasri M.Pd. 

Melalui Tridarma, Perguruan Tinggi Punya Peran dalam Benahi Citarum.

Pemerintah mendorong perguruan tinggi untuk meningkatkan perannya dalam mengimplementasikan program Citarum Harum. Salah satu upaya mewujudkan tujuan tersebut adalah dimulainya Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Citarum Harum yang dilaksanakan oleh sejumlah perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat dan DKI Jakarta. KKN Tematik Citarum Harum dicanangkan pada acara Sarasehan Citarum Harum di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Kamis (3/5).