JENIS DIKLAT

Jenis Diklat Non-Gelar

Dasar-Dasar AMDAL

Berisi materi dasar tentang kajian mengenai dampak penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan atau kegiatan.

Penyusunan AMDAL

Memberi kemampuan peserta untuk menyusun dokumen AMDAL hingga memahami etika penyusunan dan penggunaan dan pemanfaatan sistem informasi AMDAL.

Penilaian AMDAL

Memberi kemampuan peserta untuk menilai dokumen AMDAL agar kajian dampak lingkungan yang akan dilaksanakan dapat mencapai hasil yang baik, sehingga upaya pengelolaan dan pemantauan lingkungan guna pencegahan atau minimisasi dampak negatif serta upaya peningkatan dampak positifnya menjadi optimal.

Pengelolaan Persampahan

Berisi materi sistem pengelolaan sampah; aspek kebijakan, organisasi dan operasional dalam pengelolaan persampahan, pengelolaan limbah B3; peran aktif masyarakat dan swasta dalam pengelolaan persampahan; hingga teknologi pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga, komunitas, dan TPA.

Kajian Lingkungan Hidup Strategis

Memberikan keterampilan peserta untuk menyusun dokumen KLHS, dimulai dari konsep dan aplikasi KLHS, keterlibatan pemangku kepentingan dalam proses penyusunan KLHS, best practices pelaksanaan KLHS, hingga simulasi praktek pelaksanaan KLHS.

Pengelolaan Lingkungan Hidup​

Menyampaikan materi terkait konsep dasar pengelolaan lingkungan hidup, keanekaragaman hayati, pengelolaan sumberdaya air, pengendalian kualitas air, tanah, dan udara, hingga analisis spasial dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Green Economy

Upaya untuk mengeliminir dampak buruk pembangunan terhadap SDA dan LH serta dampak terjadinya perubahan iklim didekati melalui konsep green economy atau 'ekonomi hijau'. Untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan gagasan Green Economy, Sustainable Development Goals (SDGs) dan Adaptasi Perubahan Iklim (API), Diklat Perencanaan Lingkungan dalam Pembangunan “Green Economy” ini diselenggarakan.

Sertifikasi Kompetensi dan Upgrading Pengendali Pencemaran Air, Udara, dan Limbah B3

Peserta akan memperoleh pengetahuan terkait prinsip dasar pengendalian pencemaran (identifikasi, penilaian, dan evaluasi sumber pencemar; minimasi pencemaran; dan tindakan K3 terhadap bahaya pengendalian pencemaran). Selanjutnya, sesuai bidang keahlian yang diharapkan peserta akan memilih keterampilan teknis pengendalian pencemaran (air, udara, dan limbah B3) terkait pengoperasian alat, identifikasi bahaya, penyusunan laporan, teknik sampling, dan pemanfaatan limbah