Tingkatkan Kehati di Jawa Barat, Cess Unpad Adakan Kerjasama dengan Biofarma

[cess.unpad.ac.id, 18/10/2019] Keanekaragaman hayati merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh Indonesia karena menjadi modal dalam melaksanakan pembangunan. Saat ini, tekanan terhadap keberadaan keanekaragaman hayati di Indonesia semakin masif. Isu tersebut ditunjukkan dengan banyak munculnya kejadian berkurangnya keanekaragaman spesies dan penurunan status konservasi spesies akibat penurunan populasinya di alam. Isu keanekaragaman hayati tidak terlepas dari aktivitas perburuan hewan, kebakaran hutan, dan alih fungsi lahan hutan menjadi lahan-lahan produktif yang semakin marak terjadi. Saat ini, tidak hanya lembaga pemerintah yang berperan dalam perlindungan keanekaragaman hayati tetapi juga perusahaan – perusahaan BUMN maupun swasta tengah menaruh perhatian dan berkontribusi dalam perlindungan keanekaragaman hayati.

Dalam rangka meningkatkan keberadaan keanekaragaman hayati di alam PT Bio Farma telah mengalokasikan dana dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) di beberapa lokasi diantaranya adalah di Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi dan Little Farmers Agrowisata PT Bio Farma, Cisarua Lembang. Kerjasama penelitian yang dilakukan pada Agustus 2019 ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kegiatan CSR yang telah dilakukan oleh PT Bio Farma memberikan nilai tambah terhadap keberadaan keanekaragaman hayati di kedua lokasi tersebut. Penelitian di Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi dilakukan untuk memperoleh data keanekaragaman hayati pada area replanting/wali pohon PT Bio Farma yang memiliki luas 14 ha, sedangkan penelitian di Little Farmers Agrowisata dilakukan untuk mengetahui potensi cadangan karbon padang rumput sebagai salah satu perannya dalam layanan ekosistem.

Hasil penelitian menunjukkan kegiatan CSR yang telah dilakukan oleh Perusahaan Bio Farma menunjukkan hasil yang baik bagi peningkatan keanekaragaman hayati di kedua lokasi tersebut. Hasil penelitian ini dapat menjadi data dasar bagi pengembangan kegiatan CSR Perusahaan Bio Farma di tahun berikutnya sehingga dapat direncanakan dengan lebih baik lagi melalui konsep biodiversity by design.